Hidrosfer adalah lapisan air yang ada di permukaan bumi. Kata hidrosfer berasal dari kata hidros yang berarti air dan sphere yang berarti lapisan. Hidrosfer di permukaan bumi meliputi danau,sungai, laut, lautan, salju atau gletser, air tanah dan uap air yang terdapat di lapisan udara.





Siklus Hidrologi

Siklus hidrologi adalah suatu proses peredaran atau daur ulang air secara yang berurutan secara terus-menerus. Pemanasan sinar matahari menjadi pengaruh pada siklus hidrologi. Air di seluruh permukaan bumi akan menguap bila terkena sinar matahari. Pada ketinggian tertentu ketika temperatur semakin turun uap air akan mengalami kondensasi dan berubah menjadi titik-titik air dan jatuh sebagai hujan.
Siklus hidrologi dibedakan menjadi tiga, yaitu siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang.


Siklus Pendek


Siklus pendek adalah proses peredaran atau daur ulang air dengan urutan sebagai berikut :
1. Penguapan air laut karena pemanasan matahari di permukaan laut
2. Air laut mengalami perubahan bentuk menjadi gas
3. Terjadi kondensasi
4. Pembentukan awan
5. Turun hujan
6. Hujan jatuh di permukaan air laut.Siklus pendek menghasilkan hujan di atas permukaan air laut.


Siklus Sedang 


Pada siklus sedang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin menuju ke daratan. Di daratan uap air membentuk awan yang akhirnya jatuh sebagai hujan di atas daratan. Air hujan tersebut akan mengalir melalui sungai-sungai, selokan dan sebagainya hingga kembali lagi ke laut


Siklus Panjang 


Pada siklus panjang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin ke atas daratan. Adanya pendinginan yang mencapai titik beku pada ketinggian tertentu, membuat terbentuknya awan yang mengandung kristal es. Awan tersebut menurunkan hujan es atau salju di pegunungan. Di permukaan bumi es mengalir dalam bentuk gletser, masuk ke sungai dan selanjutnya kembali ke lautan.

Hidrosfer di muka bumi selanjutnya akan dikelompokkan menjadi dua, yaitu perairan darat dan perairan laut. awan terbentuk karena adanya penguapan




Perairan di Daratan 

Perairan di daratan tergolong sebagai perairan tawar, yaitu semua perairan yang melintasi daratan. Air di daratan meliputi air tanah dan air permukaan.

Air Tanah 

Air tanah adalah air yang terdapat di dalam tanah. Air tanah berasal dari salju, hujan atau bentuk curahan lain yang meresap ke dalam tanah dan tertampung pada lapisan kedap air.

Air tanah dangkal

Air freatis adalah air tanah yang terletak di atas lapisan kedap air tidak jauh dari permukaan tanah. Air freatis sangat dipengaruhi oleh resapan air di sekelilingnya. Pada musim kemarau jumlah air freatis berkurang. Sebaliknya pada musim hujan jumlah air freatis akan bertambah. Air freatis dapat diambil melalui sumur atau mata air.

Air tanah dalam

Air artesis adalah air tanah yang terletak jauh di dalam tanah, di antara dua lapisan kedap air.
Lapisan di antara dua lapisan kedap air tersebut disebut lapisan akuifer. Lapisan tersebut banyak menampung air. Jika lapisan kedap air retak, secara alami air akan keluar ke permukaan. Air yang memancar ke permukaan disebut mata air artesis. Air artesis dapat dapat diperoleh melalui pengeboran. Sumur pengeborannya disebut sumur artesis...
Aquifer

a. Akuifer Bebas (Unconfined Aquifer) yaitu lapisan lolos air yang hanya sebagian terisi oleh air dan berada di atas lapisan kedap air. Permukaan tanah pada aquifer ini disebut dengan water table (preatik level), yaitu permukaan air yang mempunyai tekanan hidrostatik sama dengan atmosfer.

b. Akuifer Tertekan (Confined Aquifer) yaitu aquifer yang seluruh jumlahnya air yang dibatasi oleh lapisan kedap air, baik yang di atas maupun di bawah, serta mempunyai tekanan jenuh lebih besar dari pada tekanan atmosfer.

c. Akuifer Semi tertekan (Semi Confined Aquifer) yaitu aquifer yang seluruhnya jenuh air, dimana bagian atasnya dibatasi oleh lapisan semi lolos air dibagian bawahnya merupakan lapisan kedap air.

d. Akifer Semi Bebas (Semi Unconfined Aquifer) yaitu aquifer yang bagian bawahnya yang merupakan lapisan kedap air, sedangkan bagian atasnya merupakan material berbutir halus, sehingga pada lapisan penutupnya masih memungkinkan adanya gerakan air. Dengan demikian aquifer ini merupakan peralihan antara aquifer bebas dengan aquifer semi tertekan.

Air permukaan

Air permukaan adalah wadah air yang terdapat di permukaan bumi. Bentuk air permukaan meliputi sungai, danau, rawa.

Sungai

Sungai adalah air hujan atau mata air yang mengalir secara alami melalui suatu lembah atau di antara dua tepian dengan batas jelas, menuju tempat lebih rendah (laut, danau atau sungai lain).
Bagian-bagian sungai
Sungai terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian hulu, bagian tengah dan bagian hilir.
  • Bagian hulu sungai terletak di daerah yang relatif tinggi sehingga air dapat mengalir turun.
  • Bagian tengah sungai terletak pada daerah yang lebih landai.
  • Bagian hilir sungai terletak di daerah landai dan sudah mendekati muara sungai.

Jenis-jenis sungai

Jenis-jenis sungai dibagi menjadi 5, yaitu sungai hujan, sungai gletser, sungai campuran, sungai permanen dan sungai periodik.

  • Sungai hujan adalah sungai yang berasal dari hujan.
  • Sungai gletser adalah sungai yang airnya berasal dari gletser atau bongkahan es yang mencair.
  • Sungai campuran adalah sungai yang airnya berasal dari hujan dan salju yang mencair.
  • Sungai permanen adalah sungai yang airnya relatif tetap.
  • Sungai periodik adalah sungai dengan volume air tidak tetap.

Danau

Danau adalah tubuh air dalam jumlah besar yang menempati basin di wilayah daratan. Suatu genangan dapat disebut danau jika memiliki tiga kriteria sebagai berikut.
  1. Mempunyai permukaan air yang cukup luas untuk mampu menimbulkan gelombang.
  2. Air cukup dalam sehingga terdapat strata suhu pada kedalaman air.
  3. Vegetasi yang mengapung tidak cukup untuk menutupi seluruh permukaan danau.

Jenis-jenis danau

Terdapat 8 jenis danau, yaitu danau glasial, danau vulkanik, danau tektonik, danau tekto-vulkanik, danau kurst, danau aliran, danau laguna, dan danau buatan.

  • Danau glasial adalah danau yang terjadi karena akibat adanya erosi dan pengendapan yang diakibatkan aktivitas gletser di lereng-lereng bukit atau pegunungan.
  • Danau vulkanik adalah danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanik. Kaldera yang terbentuk tergenang oleh air hujan sehingga terbentuklah danau.
  • Danau tektonik adalah danau yang terbentuk karena pergeseran lempeng tektonik. Pergerakan lempeng tektonik akan membentuk lembah yang kemudian terisi oleh air hujan.
  • Danau tekto-vulaknik adalah danau yang terbentuk karena adanya aktivitas tektonik yang memacu kegiatan vulkanik sehingga patahan dan gunung berapi. Bekas gunung tersebut akan membentuk basin yang terisi air hujan.
  • Danau kurst adalah danau yang terbentuk karena pelarutan kapur oleh air yang membentuk basin.
  • Danau aliran adalah danau yang terbentuk karena pemotongan muara sungai akibat sedimentasi.
  • Danau laguna adalah danau yang terbentuk karena kombinasi kerja antara angin dan ombak yang menyebabkan terjadinya tanggul pasir di sepanjang pantai dan membentuk sebuah laguna.
  • Danau buatan adalaah danau yang terbentuk karena pembendungan air sungai oleh manusia.


Manfaat Danau

Danau sebagai penampungan air mempunyai banyak manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Manfaat danau diantara lain sebagai berikut.
  • Danau sebagai pembangkit listrik.
  • Danau sebagai tempat rekreasi
  • Danau sebagai tempat perikanan darat.
  • Danau sebagai pengendali banjir.





Source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Hidrosfer
http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/2131833-siklus-hidrologi-atau-siklusair/#ixzz2UGYGTrZc

http://raffiallghifarry.wordpress.com/2013/05/08/air-tanah-dan-jenis-air-tanah/ah/

»»  SALAJENGNA...
mungkin sebuah ke begoan adalah anugerah dari Allah karena setelah gua perhatikan ternyata ga semua orang berani bego di depan umum. Banyak orang yang selalu malu menjadi seseorang yang sedikit berbeda, sedikit orang yang berani jadi orang yang anti mainstream. Padahal menurut gua ketika semuanya sudah terlalu mainstream maka kita butuh sesuatu yang tidak mainstream. Contoh: mungkin saat ini makan lewat lobang idung adalah sesuatu yang tidak mainstream dan suatu saat hal itu bisa menjadi mainstream saat orang-orang banyak yang melakukannya. Jadi disuatu hari nanti sesuatu yang tidak mainstream akan menjadi mainstream jadi bisa ditarik kesimpulan "elu itu mainstream kalo lu itu ga mainstream" itu jelas!. tapi suatu saat nanti lagi sesuatu yang tidak mainstream akan menjadi sesuatu yang mainstream, kita ambil contoh dari lobang idung itu lagi ketika makan lewat lobang idung yang asalnya ga mainstream atau anti-mainstream menjadi mainstream kembali itu artinya "elu itu mainstream kalo lu itu ga mainstream". gua ambil kata-kata ini dari @ficocacola.

bentar gua tidur siang dulu untuk memulihkan kondisi otak.

di saat lu menjadi orang yang bego maka elo akan jadi orang yang berbeda. berbeda dalam artian ga sama (ya iyalah), nah kalo lu ga sama ber arti lu itu berbeda (ya iyalah), nah kalo lu berbeda berarti lu siap buat jadi pemimpin (lah). Nah jadi orang bego itu bisa jadi pemimpin!. Tapi itukan kata iklan, tapi itu bener, kalo lu jadi pemimpin berarti lu punya sebuah proyek/pekerjaan yang cara penyelesaiannya berbeda dengan orang lain, dan itulah yang dimiliki orang bego "something different!". iyakan?, coba lu bayangkan kalo lu jadi karyawan biasa, berarti lu itu seseorang yang dimintai bantuan oleh seorang agar tujuan si pemimpin itu berhasil! voila!, sudah terbayang?, coba lu bayangkan lagi kalo lu jadi pekerja biasa berarti lu lempeng-lempeng aja, sejalan dengan perintah dari seorang pemimpin, dan lu harus nurut, betul?. nah kalo lu jadi pemimpin maka lu bisa bikin jalan penyelesaian ala diri lo sendiri! dan itu bisa lu lakukan karena lu berbeda! sudah mulai paham?,  dan sekali lagi "something different!" adalah jurus spesial yang dimiliki orang bego. coba lu bayangin kerennya jadi pemimpin: semua keuntungan bersih dari hasil penjualan sebuah produk (kalo lo pengusaha) adalah milik lo, sekretaris cantik, dan poligami! :D (yang terakhir becanda). kalo lu masih belom becanda kalo orang bego bisa jadi pemimpin, ok gua kasih satu ilustrasi lagi. Untuk jadi seorang pemimpin lo harus punya sesuatu yang berbeda dan memiliki dasar yang kuat!. sesuatu yang beda=sudah ada secara alami, dasar yang kuat=bisa dibuat!, nah kalo salah?, biarin, kan orang bego. Sekarang pasti lu udah paham.

Nah jadi apakah gua harus bego? (kata lu), kagak lah... (kata gua), karena kalo lu saat ini belom bego ga usah bersusah payah jadi bego karena tulisan di atas ditujukan untuk gua sendiri khususnya, dan orang bego diseluruh dunia umumnya.

Nah jadi orang yang beda itu bego? (kata lu), kagak lah (kata gua), karena yang berbeda itu adalah soarang pemimpin sebagaimana udah ga tulis di atas!

Nah jadi gua harus bisa beda? (kata lu), maybe (kata gua), kalo sekiranya lu termasuk orang yang mainstream maka lu harus jadi yang terhebat dari semua orang yang mainstream, nah kalo lu ga bisa maka itu artinya selamat datang di dunia orang bego. karena di dunia lu sendiri lu selalu menjadi yang terbaik. dan orang yang seperti itulah yang selalu dibutuhkan dunia.

Nah jadi lu bego? (kata lu), Ya (kata gua)

nah sepertinya sekarang gua harus istirahat selama seminggu biar pulih

tapi ingat sebuah kebegoaan harus diimbangi dengan sebuah kecerdasan, dan logika yang jalan!
dan jadi beda bukan aratinya setiap lu naek motor lu selalu lawan arah biar jadi pemimpin, yang ada lu mati nanti! 
»»  SALAJENGNA...
menurut gua Mario Teguh adalah pembicara yang sangat hebat karena mampu memotivasi Jutaan orang di dunia ini, meskipun awalnya gua kira Mario Teguh itu serial game terbaru beda-beda tipis sama Mario Bros. Banyak juga buku-buku yang mampu memotivasi ribuan orang, padahal itu cuma kertas yang ada tulisannya, ga bisa ngomong, ga pernah sekolah, ga pernah ulangan, ga pernah nyusun tesis, ga pernah ulangan, dan yang penting ga pernah remedial. tapi dia bisa memotivasi banyak orang, jadi kalo ada orang yang ngomong "ngomong sama makhluk tak hidup itu gila", dia salah besar!, jadi kalo lu liat di pinggir jalan orang-orang sakti yang mampu berkomunikasi dengan plastik bekas jangan anda tertawakan, yeah!!! (sedang memperjuangkan kaumnya).

tapi ini serius lu bisa belajar banyak dari barang-barang yang biasa lu anggap remeh, kaya spidol, mungkin saat spidol ada isinya dan pokoknya aman untuk digunakan itu buakan masalah. tapi kalo sebuah spidol kosong dan saat itu adalah saatnya guru killer buat ngajar maka Rest in peace. terus spidol itu ga bisa ngomong tapi bisa ngasih tau!, coba lu tanya ke spidol "apa rumus kekuatan lensa?", dia ga bakal jawab, tapi gua yakin lu tau rumus itu berkat ada garis hitam yang mengotori papantulis yang dikeluarkan spidol. atau barang lain kaya kalkulator, bendanya jauh lebih kecil dari badan kita, tapi soal ngitung dia jagonya!. balik lagi ke buku, mungkin kalau kebanyakan orang lebih termotivasi sama buku-buku keren dengan bahasa yang memang memotivasi, maka itu beda sama gua buku karangan Raditya Dika, Jeff Kinney, dan agan Ryandi Rachman lah yang mendominasi rak buku di kamar gua. gua lebih termotivasi dengan cerita-cerita kocak kaya gitu karena ada banyak kesamaan nasib. dengan baca-baca buku kaya gitu tekad gua menjadi orang bego jadi semakin mantap!. engga bukan cita-cita menjadi orang bego tapi situasilah yang memaksa. 

Orang-orang yang gua jadiin motivator dalam hidup juga selalu orang yang luar biasa. kaya om bob sadino,   KBR Crew, dll. mereka semua orang luar binasa yang pernah gua temuin dalam hidup gua. mereka keren, lucu, aneh, dan sukses!. jujur gua suka minder kalo keseringan maen sama orang yang taraf kegantengan dan kekerenannya di atas gua, karena rata-rata mereka punya temen cewe yang cantik juga, dan gua!?. ahh udah ah cape!

»»  SALAJENGNA...
coba lu pikir hal apa yang berhasil lu gapai tanpa pake waktu?, kalo sampai lu mikirin hal itu, lu sama begonya kaya gue!. se-instan-instan-nya mie pasti harus direbus dan ngerebus mie harus diukur pake waktu!, Ryan Adriandhy pernah ngomong "semua yang terjadi sekarang adalah efek dari apa yang pernah lo lakuin dari masa lalu!" coba kalo sekarang lo makan beberapa jam kemudian lu bakal pengen boker!, atau sekarang lu  kreatif "maen" sama anak tetangga dan di masa yang akan datang akan terjadi hal yang udah ah capek!.

Gua adalah orang yang cukup beruntung di dunia, karena dulu temen gua orang tolol semua. Kalo kebanyakan orang selalu pengen begaol sama orang yang keren dan ga malu-maluin, maka itu beda sama gua, gua lebih seneng begaol sama orang bloon yang asik, bisa diajak gila-gilaan dan itu asik bro!. Everywhere and Everytime hal bego adalah sesuatu yang harus selalu ada. Study tour adalah hal paling tepat untuk semua itu.  Dulu pas study tour ke Jogja, disaat orang-orang normal lainnya pergi berkeliling di taman pintar gua sama temen gua yang tingkat inteleknya emang banyak kurangnya, malah ngumpul di depan benda ajaib sepoi-sepoi yang bernama ac! itu benda paling menarik yang ada di sana, karena paling berguna menghilangkan semua kepenatan dan kegerahan, apalagi kalo di sekitar situ ada tiang dan ada cewe cantik lagi striptis! (tempat hina macam apa itu?). Disaat orang lain foto-foto dengan pose yang sangat meyakinkan buat diupload ke facebook, twitter, blog, instagram, dll., gua dan temen-temen gua yang mirip sama pasukan topeng monyet ga mau kalah, kita foto-foto dengan pose yang meyakinkan, meyakinkan buat ditabokin!. Kita foto-foto dengan pose tolol, kalo orang lain ngefoto pasir yang bertuliskan namanya feat. pacarnya, maka gua ngefoto orang gila yang lagi duduk-duduk aja di pinggir jalan, kalo lu tanya alesannya kenapa?, gua rasa seharusnya lu udah tau jawabannya, yap! tepat kaarena kita gila!, coba lu liat dengan seksama setiap inchi dari tubuh orang gila, begitu artistik men! lihat raut wajah yang tiba-tiba bisa berubah secara drastis, mereka cocok maen teater! (tapi gimana jadinya kalo teater yang maen orang gila semua? itu urusan lainlah!), sampai mana tadi? oh iya orang gila, tingkah kita di jogja udah kaya orang gila!, jalan-jalan di malioboro dengan bawa uang 20 rebu doang, muat buat beli apa??? akhirnya kita cuma jalan dan jalan dan jalan doang dengan sedikit liat-liat barang dagangan yang dijual! tanpa beli satu bendapun, inget tanpa beli, kalau anda tanya di mana gilanya?, maka akan saya jawab di saat kami pulang, kita pulang dengan sempoyongan kaya orang mabok, mata merah, jalan ga lurus lagi, baju lecek, celana belepotan sama eek, enggalah! kita bukan minum alkohol atau isep ganja atau makan eek ayam se ember, tapi kita udah ngantuk berat! kita bukan tipe makhluk setengah dracula yang bisa tetep idup di tengah malem bahkan seper empat malem!, jam 9 aja kita udah sakau!, ada dua pilihan nerusin jalan sampe hotel, atau naek angkot untuk ke hotel? tapi sayang di Jogja ga ada angkot dan itu artinya kita harus jalan, kita udah ga kuat!, apa harus kita tidur di jalanan malioboro?, dan kalo kita bener-bener udah kelelahan maka sudah dipastikan, besok di koran akan ada berita "Pasukan doger monyet ditemukan tergeletak tak berdaya di jalnan malioboro", anehnya meskipun malam entah kenapa suasana di malioboro itu gelap! (apa yang aneh?), kita udah beberapa kali ganti formasi maksudnya biar ga tersesat! dengan itu kita dapat menarik kesimpulan bahwa mengganti pemimpin dalam keadaan ngantuk dan pemimpin itu sama-sama orang yang ngantuk itu adalah hal paling kacrut yang pernah dilakukan!, okeh pernyataan "biar ga nyasar" diralat jadi "biar ga mati duluan". Serius, jalan di malioboro sambil ngantuk adalah hal yang bisa membahayakan jiwa, apes-apesnya lu bisa ketabrak dan lu pulang ke rumah lengkap dengan peti mati. tapi berkat rahmat Tuhan yang Maha Esa dan berkat keinginan yang luhur kita bisa balik ke hotel dengan selamat!.  

Gara-gara itu semua, akhirnya sampai sekarang, gua masih jadi bagian dari POT (Perserikatan Orang Tolol) dan hidup cukup bahagia dengan segenap ketololan yang gua miliki.
»»  SALAJENGNA...
CarBlog adalah C-A-R-B-L-O-G dibaca Carblog
»»  SALAJENGNA...
Sule feat Andre - Follow Me










 
C
Oh My Love.. Oh My Darling
F                     C
Aku I Miss You Kasalirang
C
Long Long Time Tos Wengi
F                         C
I Never Stop Thinking About You

Dm                      Am
Oh Mother Help Me You Pray Your Son
Dm              Am
Oh Father Ider Mother
F           G
Father.. Mother..

Am     Em      F        C
I Want To You Love Me Forever
E                     Am
In The Night.. In The Word
F      G       F         C
I Want To You Love Me Forever
Dm                     E
In The Night.. In The Night.. In The Night..

Dm         G
Aku Cinta I Love You
C              Am
I Miss You Ku Rindu
Dm                G
I Want Always Together
E                  Am
No Body No Body But You

Dm           G
Aku Cinta I Love You
C             Am
I Miss You Ku Rindu
Dm               G
I Want Always Together
E                 Am
No Body No Body But You

Dm        Am         G
Please.. Accept.. My Love..
Dm               Am          G
Please.. You Don't Cry.. Follow Me...
»»  SALAJENGNA...
sekedar share soalnya kemaren pas ane dapet tugas dari guru pkn, anu cukup kelenger nyari tek uud yang belum di amandemen, silahkan copas jika perlu OK.....!!!!! 






PEMBUKAAN

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

UNDANG-UNDANG DASAR

BAB I
BENTUK DAN KEDAULATAN

Pasal 1
(1) Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik
(2) Kedaulatan adalah di tangan rakyat, dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat

BAB II
MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT

Pasal 2
(1) Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri atas anggota-anggota Dewan Perwakilan Rakyat, ditambah dengan utusan-utusan dari daerah-daerah dan golongan-golongan, menurut aturan yang ditetapkan dengan undang-undang.

(2) Majelis Permusyawaratan Rakyat bersidang sedikitnya sekali dalam lima tahun di ibu kota negara. Segala putusan Majelis Permusyawaratan Rakyat ditetapkan dengan suara yang terbanyak.

Pasal 3
Majelis Permusyawaratan Rakyat menetapkan Undang-Undang Dasar dan garis-garis besar daripada haluan negara

BAB III
KEKUASAAN PEMERINTAHAN NEGARA

Pasal 4
(1) Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar.
(2) Dalam melakukan kewajibannya Presiden dibantu oleh satu orang Wakil Presiden.

Pasal 5
(1) Presiden memegang kekuasaan membentuk undang-undang dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.
(2) Presiden menetapkan peraturan pemerintah untuk menjalankan undang-undang sebagaimana mestinya

Pasal 6
(1) Presiden ialah orang Indonesia asli
(2) Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan suara yang terbanyak.

Pasal 7
Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali

Pasal 8
Jika Presiden mangkat, berhenti, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya, ia diganti oleh Wakil Presiden sampai habis waktunya.

Pasal 9
Sebelum memangku jabatannya, Presiden dan Wakil Presiden bersumpah menurut agama, atau berjanji dengan sungguh-sungguh di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat atau Dewan Perwakilan Rakyat sebagai berikut :
Sumpah Presiden (Wakil Presiden) :
“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa”.
Janji Presiden (Wakil Presiden) :
“Saya berjanji dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa”.

Pasal 10
Presiden memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Pasal 11
Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain

Pasal 12
Presiden menyatakan keadaan bahaya. Syarat-syarat dan akibatnya keadaan bahaya ditetapkan dengan undang-undang.

Pasal 13
(1) Presiden mengangkat duta dan konsul.
(2) Presiden menerima duta negara lain

Pasal 14
Presiden memberi grasi, amnesti, abolisi dan rehabilitasi.

Pasal 15
Presiden memberi gelaran, tanda jasa dan lain-lain tanda kehormatan

BAB IV
DEWAN PERTIMBANGAN AGUNG

Pasal 16
(1) Susunan Dewan Pertimbangan Agung ditetapkan dengan undang-undang.
(2) Dewan ini berkewajiban memberi jawab atas pertanyaan Presiden dan berhak memajukan usul kepada pemerintah.

BAB V
KEMENTERIAN NEGARA

Pasal 17
(1) Presiden dibantu oleh menteri-menteri negara.
(2) Menteri-menteri itu diangkat dan diperhentikan oleh Presiden.
(3) Menteri-menteri itu memimpin departemen pemerintah.

BAB VI
PEMERINTAH DAERAH

Pasal 18
Pembagian daerah Indonesia atas daerah besar dan kecil, dengan bentuk susunan pemerintahannya ditetapkan dengan undang-undang, dengan memandang dan mengingati dasar permusyawaratan dalam sistem pemerintahan negara, dan hak-hak asal-usul dalam daerah-daerah yang bersifat istimewa.

BAB VII
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT

Pasal 19
(1) Susunan Dewan Perwakilan Rakyat ditetapkan dengan undang-undang.
(2) Dewan Perwakilan Rakyat bersidang sedikitnya sekali dalam setahun.

Pasal 20
(1) Tiap-tiap undang-undang menghendaki persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.
(2) Jika sesuatu rancangan undang-undang tidak mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat, maka rancangan tadi tidak boleh dimajukan lagi dalam persidangan Dewan Perwakilan Rakyat masa itu.

Pasal 21
(1) Anggota-anggota Dewan Perwakilan Rakyat berhak memajukan rancangan undang-undang.
(2) Jika rancangan itu, meskipun disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat, tidak disahkan oleh Presiden, maka rancangan tadi tidak boleh dimajukan lagi dalam persidangan Dewan Perwakilan Rakyat masa itu.

Pasal 22
(1) Dalam hal ihwal kegentingan yang memaksa, Presiden berhak menetapkan peraturan pemerintah sebagai pengganti undang-undang.
(2) Peraturan pemerintah itu harus mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat dalam persidangan yang berikut.
(3) Jika tidak mendapat persetujuan, maka peraturan pemerintah itu harus dicabut.

BAB VIII
HAL KEUANGAN

Pasal 23
(1) Anggaran pendapatan dan belanja ditetapkan tiap-tiap tahun dengan undang-undang. Apabila Dewan Perwakilan Rakyat tidak menyetujui anggaran yang diusulkan pemerintah, maka pemerintah menjalankan anggaran tahun yang lalu.
(2) Segala pajak untuk keperluan negara berdasarkan undang-undang.
(3) Macam dan harga mata uang ditetapkan dengan undang-undang.
(4) Hal keuangan negara selanjutnya diatur dengan undang-undang.
(5) Untuk memeriksa tanggung jawab tentang keuangan negara diadakan suatu Badan Pemeriksa Keuangan, yang peraturannya ditetapkan dengan undang-undang. Hasil pemeriksaan itu diberitahukan kepada Dewan Perwakilan rakyat.

BAB IX
KEKUASAAN KEHAKIMAN

Pasal 24
(1) Kekuasaan kehakiman dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan lain-lain badan kehakiman menurut undang-undang.
(2) Susunan dan kekuasaan badan-badan kehakiman itu diatur dengan undang-undang.

Pasal 25
Syarat-syarat untuk menjadi dan untuk diperhentikan sebagai hakim ditetapkan dengan undang-undang.

BAB X
WARGA NEGARA

Pasal 26
(1) Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.
(2) Syarat-syarat yang mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang-undang.

Pasal 27
(1) Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
(2) Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Pasal 28
Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebaganya ditetapkan dengan undang-undang.

BAB XI
A G A M A

Pasal 29
(1) Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.
(2) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

BAB XII
PERTAHANAN NEGARA

Pasal 30
(1) Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.
(2) Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.


BAB XIII
P E N D I D I K A N

Pasal 31
(1) Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran.
(2) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.

Pasal 32
Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia.

BAB XIV
KESEJAHTERAAN SOSIAL

Pasal 33
(1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
(2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
(3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Pasal 34
Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.

BAB XV
BENDERA DAN BAHASA

Pasal 35
Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih.

Pasal 36
Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia

BAB XVI
PERUBAHAN UNDANG-UNDANG DASAR

Pasal 37
(1) Untuk mengubah Undang-Undang Dasar sekurang-kurangnya 2/3 daripada jumlah anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat harus hadir.
(2) Putusan diambil dengan persetujuan sekurang-kurangnya 2/3 daripada jumlah anggota yang hadir.

ATURAN PERALIHAN

Pasal I
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mengatur dan menyelenggarakan kepindahan pemerintahan kepada Pemerintah Indonesia.

Pasal II

Segala badan negara dan peraturan yang ada masih langsung berlaku, selama belum diadakan yang baru menurut Undang-Undang Dasar ini.

Pasal III

Untuk pertama kali Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Pasal IV

Sebelum Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, dan Dewan Pertimbangan Agung dibentuk menurut Undang-Undang Dasar ini, segala kekuasaannya dijalankan oleh Presiden dengan bantuan sebuah komite nasional.

ATURAN TAMBAHAN

(1) Dalam enam bulan sesudah akhirnya peperangan Asia Timur Raya, Presiden Indonesia mengatur dan menyelenggarakan segala hal yang ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar ini.
(2) Dalam enam bulan sesudah Majelis Permusyawaratan Rakyat dibentuk, Majelis itu bersidang untuk menetapkan Undang-Undang Dasar.

(Sos Pol /S-2)
»»  SALAJENGNA...